Jumat, 03 Juni 2016

Sektor Perkebunan Masyarakat Babulu Selatan Butuh Perhatian Pemerintah

Sektor Perkebunan Masyarakat Babulu Selatan Butuh Perhatian Pemerintah

DSC01999
Paulus Lau, Kepala Desa Babulu Selatan Kecamatan Kobalima,Kabupaten Malaka


Desa Babulu selatan yang terletak di Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka masih menggantungkan profesi sebagaian besar masyarakatnya pada sektor pertanian. Produksi  pertanian masih menjadi produk unggulan yang harus terus dikembangkan.
Pemberdayaan sektor perkebunan sebagai salah satu potensi Desa Babulu Selatan yang berada dekat dengan tapal batas negara, selain menggerakan perekonomian rakyat juga dapat mengurangi pengangguran. Menjadi PNS masih menjadi profesi primadona hampir di seluruh wilayah Malaka. Dengan dikembangkannya sektor perkebunan potensial di wilayah ini, diharapkan banyak pemuda khususnya yang menamatkan pendidikanya dengan disiplin ilmu pertanian bisa memanfaatkan lahan yang belum digarap untuk diolah dan bisa jadi sumber penghasilan utama.

Menurut kepala desa Babulu Selatan,  Paulus Lau, Desa  yang dipimpinnya memiliki potensi yang masih bisa dikembangkan khususnya sektor perkebunan. Kepala desa memiliki penilaian produksi mente yang diusahan secara tradisonal  di desa ini  sangat baik dan hasil produksi dari perkebunan rakyat mampu menembus pasar kota lain di Indonesia.
“potensi yang dikembangkan di kembangkan di desa babulu selatan adalah Mente, Jeruk, asam, kemiri serta peternakan berupa sapid dan kambing”

Masyarakat babulu selatan sampai saat ini masih menharapkan dukungan yang massif dari pemerindah kabupaten dan pemerintah pusat untuk membantu mereka dalam mengolah lahan pertanian di desa tersebut.


Selama ini Masyarakat mengolah lahanya dengan cara tradisional karena belum mengetahui teknologi pertanian modern. Selain itu dengan kondisi infrastruktur jalan yang belum baik, masyarakat di desa ini kesulitan dalam mendapatkan pupuk dan memasarkan hasil pertanianya. (Freddy Oki / Red*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar